Home > Beranda > TELKOMSEL LUNCURKAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH

TELKOMSEL LUNCURKAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH

Bertepatan peringatan Hari Pendidikan Nasional, Minggu, Telkomsel bekerjasama dengan Citra Mandiri Infokom meluncurkan layanan yang diberi nama Sistem Informasi Sekolah (SIS).

Layanan berbasis teknologi informasi itu untuk mendukung program administrasi sekolah (PAS) yang telah dicanangkan pemerintah, kata VP Telkomsel Area Jawa Bali Gilang Prasetya di Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

Di sela pameran bertajuk “Mobile (M) – Lifestyle Expo” di Mall Bali Galeria Kuta, dijelaskan bahwa pengoperasian SIS memudahkan siswa maupun orang tua/wali murid mengakses segala informasi mengenai sekolahnya.

“Untuk memperoleh berbagai informasi tentang sekolahnya, siswa maupun orang tua cukup menekan *455# melalui telepon seluler masing-masing. Kita dimudahkan karena tidak perlu lagi harus datang ke sekolah,” kata Gilang.

Layanan SIS yang memberikan informasi melalui kiriman pesan singkat/sms, pertama kali diujicoba Telkomsel di SMA Negeri 2 Amlapura, ibukota Kabupaten Karangasem, wilayah timur Bali. Layanan itu kini mulai diterapkan di banyak sekolah.

Menurut Gilang, dengan menekan *455# dan memilih menu “sekolahku”, para guru, siswa, dan orang tua pengguna kartu As maupun simPATI dapat langsung terhubung dengan layanan SIS yang menyediakan tiga kategori informasi.

Pertama mengenai Info Sekolah, yang berisi informasi dari kepala sekolah, mengenai jumlah siswa, guru, rasio guru dan siswa, rasio komputer serta siswa.

Kemudian Penerimaan Siswa Baru memberikan informasi nilai ujian nasional minimal, nilai ujian nasional maksimal, peringkat dan status siswa, apakah diterima atau gagal.

Rubrik Kesiswaan memberikan informasi mengenai absensi, nilai harian, keterangan pembayaran biaya sekolah, nama wali kelas dan penjelasan terkait lainnya.

Selain menu akses internet (browser) tersebut, guru, siswa, dan orang tua pengguna kartu As dan simPATI juga dapat mengirim pesan dengan mengetik: SMANama Sekolahinfo yang diinginkan dan dikirim ke 4555.

Sementara Direktur Citra Mandiri Infokom (CMI) Boby Hermawan mengatakan, perusahaannya berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan pelatihan dan bantuan sarana/prasarana sekolah demi peningkatan kualitas sumber daya dan layanan sekolah.

“Bidang pendidikan menjadi tanggungjawab kita semua, oleh karena itu kami siap bekerjasama guna memudahkan dan memajukan anak didik dalam membangun diri untuk menyongsong masa depan yang lebih baik,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Telkomsel juga mendonasikan 15 unit “Digital Finger Absence Machine”, yakni mesin absensi digital berbasis sidik jari untuk 15 sekolah di Bali, di antaranya SMAN 1, SMAN 4 dan SMAN 5 Denpasar, serta SMAN 1 Ubud, Kabupaten Gianyar.

Mesin absensi digital tersebut untuk mendukung mekanisme SIS, sekaligus membantu pengontrolan kehadiran siswa yang di Bali belakangan ini banyak diwarnai aksi penculikan dan pemerkosaan terhadap siswa.

Dalam rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional, operator seluler ini juga memprogramkan pelatihan bagi 100 guru matematika di 40 kota, selain lokakarya bertema “Gaptek Jadi Melek” (tenologi informasi) di 15 sekolah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Sumber : http://id.news.yahoo.com/ dan http://www.mediaindonesia.com/

Categories: Beranda
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: